LAHIRNYA KOMPUTER PC

Pda tahun 1973 beberapa mikro komputer Kit pertama dengan chip 8008 di kembangkan dan pada akhir tahun itu Intel memperkenalkan chip 8080 yang 10 kali lebih cepat dibanding 8008 dan memiliki memori sebesar 64 KB.

Pada tahun 1975 MITS (Micronistrumentation & Telementry System) Albuquerque, New Mexico USA memmperkenalkan Altair Kit melalui majalah Popular Electronic terbitan januari 1975. Altair Kit ini kemudian di anggap sebagai PC pertama di dunia


Komputer ini belum memiliki keyboard, layar ataupun printer. yang ada hanya Switch yang dapat digunakan untuk memasukkan bilangan biner dan LED yang menyela untuk melanjutkan uotputnya.

IBM memperkenalkan apa yang disebut dengan Personal cumputar pertama pada tahun 1975. mode 5100 yang memiliki memori 16 KB. built-in Display 16 baris dengan 64 karakter. built-in BASIC interpreter dan DC-300 Cartrige tpe drive untuk tempat penyimpanan. penggunaan PC ini makin meluas ketika Bill Gtaes dan Paul allen dari Microsoft berhsil mengembangkn sistem operasi dari bahasa BASIC dengan tampiln grafis "meniru model sistem operasi Macintosh" dan berhasil mmenjualnya untuk kompuer personal IBM maupun produk dari vendor lain.

Gambar : IBM PC & IBM Portable PC

Pada tahun 1976 Apple Computer memperkenalkan Appel I yang dijual seharga US$666,66. Harga itu merupakan angka mutlk yang dipilih oleh pendiri Apple, Stave Jobs. Sistem ini terdiri dri sebuah sirkuit motherboard yang di pasang pada sepotong plywood. Casing dan Power Supply belum termasuk. Komputer ini tidak banyak dibuat, dikabarkan dijual kepada kolektor dengan harga lebih dari US$20.000. Apple II yang diberi nama "Lisa" seperti nama putri Steve Jobs, di perkenalkan pada tahun 1977, membantu penetapan standar yang di ikuti oleh semua mikrokomputer pada masa itu, termasuk IBMS PC.

Macintosh adalah produk pengembangan dari komputer Apple yang merupakan sala satu jenis PC berbasis power PC yang di produksi oleh Apple komputer. dinamakan Macintosh karena merupakan jenis Apple yang disukai Jef Raskin (tokoh yang di kagumi Steve Jobs). Macintosh di luncurkan pada januari 1984 dengan sebuah iklan Superbowl yang sangat terkenal.
 

Gambar: Apple II & Apply III

Gambar: Macintosh Clssic


Mac merupakan komputer pertama yang memopulerkan Grpical User Interface (GUI, antaramuka pengguna grafis) yang pada waktu itu merupakan sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer dekstop. Desain Macintosh inilaha yang ditiru oleh Bill Gates dalam suatu kesempatan kunjungannya keperusahaan Apple atas undangan Steve Jobs sendiri yang ingin memamerkan produk unggulannya.




0 komentar:

Posting Komentar