SEJARAH KOMPUTER

Awal Komputer 

Komputer berasal dari bahasa latin, computare, yang berrti menghitung (to computare), karena pada awal pembuatannya komputer pertama di rancang dan digunakan untuk keperluan penghitungan. Inspirasinya diambil dari alat hitung tertua, yaitu Abaccus (300 SM) atau yang lebih dikenal dengan Sipoa berasl dari negeri Cina.

Komputer Elletronik

Howard G. Aiken, seorang doktor dari Harvard Unyvercity (1937), bekerja sama dengan IBM (International Bussiness Machine Corp), berhasil membuat sebuah mesin yang bekerja dengan tenaga elektromekanik yang diberi nama Havard Mark-1. Komputer generasi pertama bert totalnya sekitar 5 ton dengan kemampuan membuat kalkulasi angka 23 digit selama 6 detik.

Komputer-komputer penciptaan awal kebanyakan masih menggunakan arsitektur Von Neumann yang diusulkan di awal tahun 1940-an oleh John Luis Von Neumann (1903-1957). konsep arsitekturnya adalah pembagian komputer menjadi 2, secara garis besar, yakni memori dan prosesor, dimana data terletak didalam memori dan prosesor adalah yang memanipulsi data.

Arsitektur ini menggambarkan komputer dengan tiga bagian utama : CPU dengan Arithmatic Logic Uit (ALU) dan Control Unit, Memory, Input Device dan Output Device (yang dihubungkan melalui I/O port). antara bagian ini dihubungkan oleh sistem yang disebut bus.

gambar : Struktur Komputer Secara Sederhana

Seorang ahli fisika bernama John V. Antanasoft bekerja sama dengan Clifford Berry dihargai kerena menciptakan komputer elektronik digital pertama (1942-1973). Antanasoft-Berry Computer (disebut ABC) merupakan komputer yang pertama kali menggunakan tehnik switching digital modern dan juga tabung hampa tampa switch. Komputer ini meperkenalkan konsep aritmatika biner dan sirkuit logika.

Pada tahun 1943, ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer) di perkenalkan sebagai komputer full electronic pertama yang didesain turing-complete (mesin yang memenuhi syarat), mampu diprogram ulang dengan mengatur ulang kabelnya agar dapat menyelesaikan segala jenis perhitungan.

Sebelum itu ENIAC sudah di dahului oleh Z3 karya Konrad Zuse yang yang dapat di progrm dengan tape (kaset) secara penuh, mesin mekanikal dan didukung oleh komputer Colossus buatan Inggris. meski komputer ini telah elektronik sepenuhnya namun tidak digunakan untuk keperluan umum, apalagi pada masa perang dunia II itu jerman cukup terisolasi sehingga komputer ini tidak di kenal dunia.

ENIAC di kembangkan dan dibangun oleh US ARMY untuk laboratorium penelitian persenjataan mereka dengan tujun untuk menghitung tabel tembakan senjata. Ide tentang ENIAC di pikirkan dan di desain oleh  J. Presper Eckert dan John William Mauchly dari Universitas Pennsylvania.    Komputer tersebut mulai di bangun pada 17 mei 1943 sebagai Proyek dan di bangun di Moore School Of Electricl Engineering sejak pertengahan 1944 dan di operasikan secara resmi sejak Februari 1946 setelah menelan biaya sebesar $500.000.

ENIAC kemudian di matikan pada 9 November 1946 untuk di perbaharui dan di tingkatkan memorinya. Ia di perlihatkan kepda umum pada 14 Februari 1946 di University Pennsylvania dan di pindahkan ke Aberdeen Proving Grounds, Maryland, pada 1947. pada 29 juli 1947 ENIAC di nyalakan terus beroperasi hinnga pukul 23:45 tanggal 2 Oktober 1955.

ENIAC mendapatkan pemberitaan yang luas karena ukuran yang sangat besar. Ia memiliki 17.468 tabung vakum, 7.200 dioda kristal, 1.500 pemancar, 70.000 resistor, 100.000 kapasitor dan sekitar 5 juta sambungan di solder dengan tangan. beratnya 27 ton dan ukurannya 2,4 m x 0,9 m x 30 m. ENIAC mengambil luas area sekitar 167m2 danmengonsumsi energi sebesar 160 kW

ENIAC bukn komputer yang canggih di eranya. tidak seperti Z3 buatan Konrad Zuse dan Mark-I buatan Howard G. Aiken, ENIAC hrus di atur ulang kabelnya untuk menjlankan program baru, sementara Z3 dan Mark-I menjalankan programnnya dari kaset, Lebih lanjut lagi, tidak seperti Z3 dan komputer modern lainnya, ENIAC melakukan penghitungan dalam bilangan desimal, belum dengan binary.
Gambar : Komputer ENIAC (US Army Photo)

Sumber : MENGENAL HARDWARE-SOFTWARE DAN PENGOLAAN INSTALASI KOMPUTER
Melwin Syafrizal Daulay

0 komentar:

Posting Komentar